LATEST NEWS

SMK Muda Genteng Buka Wisata Edukasi

SMK Muda Genteng membuka wisata edukasi untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sabtu (16/12/2023).

Kegiatan ini merupakan upaya untuk membantu siswa SMP agar lebih mengenal Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Apalagi mereka yang akan melanjutkan sekolah ke jenjang SMK.

Pemandu wisata edukasi SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Genteng Banyuwangi Jawa Timur Said Budairi ST mengatakan kegiatan ini pesertanya siswa SMP atau yang sederajat. Khususnya untuk siswa kelas IX.

“Kami akan memberikan informasi sedetail mungkin kepada siswa SMP, hingga mereka memahami tentang pembelajaran SMK agar setelah lulus nanti, mereka tidak ragu lagi untuk melanjutkan pendidikan ke SMK,” ujarnya.

Said Budairi menyampaikan, di masing-masing jurusan telah siap Ketua Kompetensi Keahlian untuk memandu para peserta wisata edukasi ini.

Untuk memperlancar kegiatan ini, maka SMK Muda mengerahkan armada kendaraannya. Di bawah komando Wakil Kesiswaan Moh Wahid SPd. Hal itu untuk menjemput para siswa yang mengikuti wisata edukasi di SMK Muda.

Dalam dua pekan ini sudah ada dua lembaga sekolah yang siswanya telah melakukan wisata edukasi ke SMK Muda, yaitu SMP Negeri III Singojuruh dan SMP Negeri I Srono

Peserta wisata edukasi SMPN III Singojuruh berjumlah 40 orang siswa. Dengan didampingi oleh 4 orang guru pendamping.

“Sedangkan siswa dari SMPN I Srono yang mengikuti kegiatan ini juga sebanyak 40 orang siswa. Mereka didampingi oleh dua orang guru pendamping,” ujar Said Budairi yang juga Wakil Humas SMK Muda Genteng itu.

Dalam wisata edukasi ini siswa dikenalkan lebih dekat dengan SMK Muda yang beralamat di Jalan Hasanudin No 103 Genteng. Kalau biasanya mereka mendapatkan informasi sekolah hanya melalui media sosial. Kini mereka dapat menyaksikan secara langsung kondisi nyata dan sarana pembelajaran yang ada di SMK Muda.

Ada beberapa tempat yang mereka kunjungi. Antara lain, Laboratorium Teknik Elektronika Industri (TEI), Axioo dan Samsung Class program, Laboratorium Teknik Sepeda Motor (TSM), Pos Ahass Tefa, Laboratorium Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teaching factory Pintar Bersama Daihatsu, Laboratorium BCA Cash Management, dan Animasi.

Suasananya sangat riang. Setelah itu mereka menuju laboratorium Tata Boga. Suasana bertambah meriah saat mereka merasakan segarnya minuman yang merupakan produk jurusan Tata Boga.

Siswa SMPN I Srono, Enggal Aditya Pratama menyatakan ketertarikannya dengan SMK Muda. “Saya merasa takjub dengan kondisi SMK Muhammadiyah 2 Genteng ini. Apalagi setelah melihat Laboratorium Teknik Sepeda Motor. Oleh karena itu saya langsung mendaftarkan diri sebagai calon peserta didik baru di jurusan ini,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Siva Eka Yuliana. Dia menyatakan ketertarikannya dengan SMK Muda.

Tepat pukul 11.30 WIB kegiatan ini berakhir. Sebelum pulang mereka foto bersama di halaman sekolah. (*)

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB