LATEST NEWS

Siswa SMK Muda Genteng Juara I LKS Tingkat Kabupaten

Siswa SMK Muda Genteng meraih Juara I Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang Motorcycle Repair, Ahad (4/2/2024).

Siswa tersebut adalah Deby Fian Ardiansyah, Kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Genteng Banyuwangi Jawa Timur.

Penyelenggara lomba ini adalah MGMP Otomotif SMK Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan lomba ini digelar di SMK PGRI 2 Banyuwangi. SMK Muda mendaftarkan satu orang siswa peserta lomba. Didampingi oleh dua orang helper, yaitu Angga Lesmana ST dan Luki Pratama.

Ketua Kompetensi Keahlian TSM SMK Muda, Sigit Ari Prawono ST menyampaikan informasi tentang lomba ini. “Sebanyak 12 orang siswa mengikuti lomba ini. Mereka berasal dari SMK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Banyuwangi,” ujarnya.

Dia menuturkan, jika ada kemauan yang kuat untuk sukses, maka keinginan itu insyaallah akan tercapai. Hal itu ia tekankan kepada Deby Fian Ardiansyah saat lolos seleksi sebagai peserta lomba yang akan diutus untuk mewakili sekolah.

Saat mendampingi lomba, Luki Pratama menyampaikan ada tiga jenis merek sepeda motor yang digunakan untuk lomba ini. Di antaranya sepeda motor Beat Esp, Mio M3, dan Supra X 125. Dengan materi lomba sebagai berikut.

  1. Trouble shooting BeAT Esp (waktu 35 menit).
  2. Trouble shooting Mio M3 (waktu 35 menit).
  3. Pemeriksaan dan penyetelan. kerenggangan katup Supra X 125 helm in.
  4. Memasang komponen CVT Mio M3.
  5. Merangkai sistem elektrik stater pada simulator. Untuk item nomor 3, 4, dan 5, durasi waktunya selama 35 menit.

Deby Fian Ardiansyah meraih Juara I, karena dia mampu menyelesaikan seluruh materi lomba dengan perolehan nilai 99,25. Dia mampu mengungguli siswa dari SMK Nurut Taqwa Songgon yang menempati urutan kedua dengan nilai 95.32. Dan siswa dari SMK 17 Agustus Genteng yang menduduki urutan ketiga dengan nilai 93.7.

Deby panggilan akrabnya mengungkapkan rasa syukurnya dapat meraih Juara I. “Alhamdulillah, senang sekali rasanya dapat menang lomba ini,” ungkapnya.

Dia mengatakan, prestasi ini dia raih dengan rajin belajar, berkat doa dari orangtua, dan juga doa dari teman-teman.

Atas prestasinya itu, panitia memberikan hadiah berupa piagam penghargaan, piala, dan uang pembinaan. Salah satu sponsor lomba, Universitas PGRI Banyuwangi menawarkan beasiswa kuliah gratis hingga lulus.

Untuk selanjutnya, Deby akan mewakili Kabupaten Banyuwangi untuk mengikuti lomba di tingkat Provinsi Jawa Timur. (*)

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB