LATEST NEWS

SMK Muda Genteng Gelar Shalat Istisqa

SMK Muda Genteng Banyuwangi Jawa Timur menggelar shalat Istisqa di halaman SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Genteng, Kamis (2/11/2023)

SMK Muda Genteng Banyuwangi Jawa Timur menggelar shalat Istisqa di halaman  SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Genteng, Kamis (2/11/2023).

Koordinator Guru Ismuba Tondo Harjoyo SpdI menjelaskan shalat istisqa ini bertujuan untuk meminta hujan. “Karena kawasan Kecamatan Genteng dan sekitarnya telah lama mengalami kemarau panjang. Bahkan sebagian daerah di Kabupaten Banyuwangi telah mengalami kekeringan dan kesulitan air,” ujarnya.

Dia menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan, dan siswa SMK Muda. Pukul 07.30 siswa bergiliran untuk berwudhu. Mereka langsung menuju ke halaman depan sekolah tempat shalat akan diselenggarakan.

“Sebelum pelaksanaan shalat, terlebih dulu dibacakan kaifiyat shalat Istisqa oleh Kasi Kesiswaan Imam Hambali SHI,” katanya.

Dalam kaifiyatnya Imam Hambali mengatakan shalat Istisqa dilakukan sebanyak 2 rakaat dengan berjamaah. Bacaan shalat dibaca dengan jahr (keras). Tidak ada azan dan Iqamah sebelum shalat.

“Tidak ada takbirat zawaid seperti shalat idain, tapi dikerjakan seperti shalat Jumat. Setelah shalat dibacakan khotbah di atas mimbar. Khatib memperbanyak istighfar di sela-sela khotbahnya. Dan di akhir khotbahnya, khatib bersama jamaah berdoa sambil mengangkat tangan untuk memohon turun hujan dan rahmat Allah,’ ujarnya.

Ampunan Dosa

Dalam  khotbahnya Tondo Harjoyo SPdI mengajak jamaah untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. “Dan mari kita memohon kepada Allah, agar segera turun hujan. Melalui shalat istisqa ini, kita mengharapan rahmad dari Allah berupa hujan yang sudah lama turun di negeri ini,” ujarnya.

Dia berpesan kepada siswa yang menjadi bagian dari jamaah untuk istikamah mengerjakan shalat lima waktu. “Marilah mengerjakan shalat dengan tertib dan selalu berbuat baik kepada orangtua, serta rajin belajar demi kesuksesan di masa depan,” ajaknya.

Selain itu, lanjutnya, dia mengharapkan siswa melaksnakan shalat istisqa dengan khidmat dan khusyuk. Usai shalat dilakukan penggalangan dana infak. Secara keseluruhan, total perolehan sebanyak 1.120.000. Dana ini akan disalurkan untuk membantu biaya pendidikan siswa yang kurang mampu. (*)

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB