LATEST NEWS

Siswa SMK Muda Genteng Kemah LDKS

Siswa SMK Muhammadiyah 2 Genteng saat Kemah LDKS di Bumi Perkemahan Jeongmara Sragi Banyuwangi

Siswa SMK Muda Genteng mengikuti Kemah dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMK Swasta se-Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur bertempat di Bumi Perkemahan Jeongmara Sragi, Ahad (15/10/2023).

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari. Mulai dari tanggal 13-15 Oktober 2023. Acara pembukaan dimulai pukul 12.30 WIB. Dibuka oleh Ketua panitia Sugiono SPd.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan LDKS tahun ini diikuti sebanyak 58 SMK swasta se-Kabupaten Banyuwangi. Total pesertanya berjumlah 1450 orang.

“Masing-masing sekolah mengirimkan 2 regu. Satu regu terdiri dari 10 siswa laki-laki. Dan satu regu lagi terdiri dari 10 siswa perempuan,” ujarnya.

Kasi Kesiswaan SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Genteng Banyuwangi, Imam Hambali SHI mengatakan SMK Muda mengikutkan dua regu siswa dengan pendamping 5 orang seniornya.

“Mereka berasal dari pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM),” katanya.

Setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Kepemimpinan yang disampaikan oleh Faitur Rohman SM. Hal itu berlanjut hingga menjelang waktu shalat Ashar.

Usai shalat Ashar berjamaah, peserta beristirahat. Mereka mandi, makan, dan persiapan seperlunya. Hingga shalat Maghrib berjamaah. Acara dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit (kultum) oleh siswa secara bergantian sampai menjelang shalat Isya.

Selanjutnya penyampaian materi Sejarah Budaya Lokal dan Training Motivasi. Setelah itu barulah peserta beristirahat untuk tidur. Pada hari Sabtunya, peserta LDKS mengawali kegiatan paginya dengan shalat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan kultum, kemudian mereka melakukan  senam pagi, bersih diri, dan sarapan pagi.

Kegiatan Outbound

Pada pukul 08.30 memasuki penyampaian materi Peraturan Baris Berbaris. Tidak ketinggalan, dilakukan kegiatan Outbound sampai pukul 11.30.

Peserta beristirahat, shalat, dan makan siang. Setelah itu mereka menyimak materi yang sangat menarik yaitu, publik speaking dan manajemen administrasi yang disampaikan oleh Kepala SMKN Kalibaru Paidi MT.

Di malam harinya peserta dihibur dengan beragam pagelaran pentas seni dari perwakilan masing-masing Koordinator Wilayah. Meliputi Seni Baca al-Quran, Hadrah, Baca puisi, Teater, Gandrung, dan tari Jaranan. 

Pagi harinya, peserta mengikuti senam dan bakti sosial. Menjelang akhirnya acara, mereka melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan selama tiga hari itu dan untuk rencana tindak lanjutnya.

Siswa SMK Muda kelas X Jurusan Animasi, Hanum Anabela Novitasari menyatakan kegembiraannya. “Saya sangat senang ikut kemah kali ini karena mendapatkan pengalaman tentang kepemimpinan,” ungkapnya.

Tepat pukul 09.30 peserta membongkar tenda dan mengikuti upacara penutupan. (*)

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB