LATEST NEWS

Mahasiswa Uniba PPL di SMK Muda Genteng

Suasana serah terima mahasiswa Uniba PPL di SMK Muda Genteng

Mahasiswa Uniba PPL di SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Genteng Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, Selasa (10/10/2023).

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini disebut juga dengan praktik pembelajaran dan kegiatan lain yang ada kaitannya dengan proses pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini dilakukan secara terbimbing dengan tujuan untuk memenuhi standar profesi keguruan.

Sebanyak 11 orang mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba) mengikuti kegiatan PPL ini. Mereka terdiri dari 4 orang mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Dari Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) 3 orang, Prodi Bahasa Inggris 2 orang, Prodi Matematika 1 orang, dan Prodi Bimbingan Konseling (BK) 1 orang.

Kesebelas mahasiswa tersebut akan melakukan PPL selama 18 kali tatap muka pertemuan kelas. Selama PPL mereka didampingi oleh guru pamong dari guru-guru mata pelajaran SMK Muda.

Pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap. Untuk tahap satu di pekan pertama, mereka melakukan observasi kelas. Mereka melihat dan mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pamong.

Baru di tahap kedua di pekan berikutnya, mereka akan melakukan praktik mengajar. Sedangkan guru pamong akan mendampingi, memantau, dan mengevaluasi proses pembelajaran.

Koordinator Kemahasiswaan Uniba Galih Farhanto MPd menyerahkan 11 mahasiswa tersebut kepada pihak SMK Muda yang langsung diterima oleh Kepala SMK Muda Tamyis Rosidi MPd.

“Kami mewakili dari pihak kampus mengucapkan terima kasih, karena telah diterima untuk PPL. Sengaja kami memilih SMK Muda, karena kami yakin sekolah ini adalah sekolah yang maju,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti PPL Agrit Aditya Hamdani dari Prodi BK menyampaikan kegembiraannya di hari pertama bisa PPL di SMK Muda.

“Saya sangat senang dapat pilihan tempat PPL di SMK Muda Genteng ini. Sarana dan prasarana BK sangat representatif untuk konseling dengan siswa,” ungkapnya.

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB