LATEST NEWS

Robotic Elektro SMK Muda Meriahkan Expo Tefa

Kepala Program Teknik Elektronika Industri (TEI) Ardytia Sanjaya Putra SKomp menjelaskan kegiatan yang diselenggarakan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Banyuwangi ini berlangsung dengan meriah.

“Kegiatan ini diikuti oleh 16 Sekolah Pusat Keunggulan se-Banyuwangi. Masing-masing sekolah menampilkan keunggulannya. Dalam expo ini, SMA Muda menampilkan tiga keunggulannya,” jelasnya.

Dia menuturkan, tiga keunggulan tersebut yaitu rangkaian smarthome, rangkaian PLC (perangkat elektronik digital), dan robotic.

“Dengan rangkaian smarthome ini pemilik rumah dapat mengendalikan lampu dan alat-alat elektronik secara jarak jauh. Kapan mau mematikan atau menghidupkan alat tersebut. Namun dalam proses ini memerlukan jaringan internet dan aplikasi android pada smartphone,” katanya.

Untuk penerapan rangkaian PLC dapat diaplikasikan pada garasi mobil. Jika switch tertekan, sambungnya, maka garasi akan terbuka. Begitu pula dengan cara menutupnya. Yang sangat menarik perhatian bagi pengunjung adalah atraksi robotic.

“Mereka mencoba untuk mengoperasikan robot tersebut,” tambahnya.

Sensor Ultrasonik

Ardytia Sanjaya Putra mengatakan, jenis robot yang digunakan adalah Mbot. Jenis robot ini bisa dikendalikan dengan handphone. Instruksinya dapat dihubungkan melalui pemrograman yang dilengkapi dengan sensor ultrasonik dan juga inframerah.

“Robot ini bisa diterapkan menyesuaikan sensor yang digunakan. Jika menggunakan sensor ultrasonik, maka saat dioperasikan di race, ia digunakan untuk mendeteksi keberadaan benda yang berada di depannya. Hal ini bisa mendorong benda tersebut pada tempat tertentu,” katanya.

Jika, sambungnya, menggunakan inframerah, maka robot akan berjalan mengikuti garis hitam atau line yang berada di race, sehingga berfungsi sebagai robot line tracer.

“Di kehidupan nyata, robot jenis ini dapat diterapkan sebagai robot pembersih lantai dari debu dengan tambahan alat lain, seperti motor DC. Kalau di pabrik bisa di terapkan untuk mengantar barang sesuai line agar tidak keluar jalur. Karena biasanya di pabrik ada jalur-jalur khusus untuk manusia, kendaraan, dan robot,” tuturnya,

Salah satu siswa SMK Muda kelas XII TEI, Bintang Yoga Samiaji yang ikut menjaga stand robotic mengatakan rasanya excited banget dapat ikut pameran ini.

“Banyak pengetahuan yang saya peroleh. Di samping dapat mengetahui inovasi-inovasi sekolah lain, saya juga senang dapat menunjukkan keunggulan sekolah kepada para pengunjung,” ungkapnya. (*)

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB