LATEST NEWS

Meriahkan Expo Tefa, SMK Muda Banyuwangi Unjuk Beragam Keahlian

Meriahkan Expo Tefa, SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Banyuwangi menampilkan berbagai keunggulan dari masing-masing kompetensi keahlian.

SMK Muda mengikuti Expo Gebyar Karya Teaching Factory (Tefa) yang digelar di Lapangan SMK Gajah Mada Jalan Jaksa Agung Suprapto No 68 Penganjuran Banyuwangi, Selasa (5/9/2023)

Expo ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi dengan mengusung tema Menuju Sekolah Mandiri dan Berkarakter Wirausaha untuk Menyongsong Era Global. Kegiatan berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (5-6/9/2023).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMK dalam melatih keterampilannya, sehingga dapat membuat keputusan tentang karier yang akan dipilih.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Banyuwangi, Ahmad Jaenuri SPd MPd. Dia didampingi oleh tiga orang Pengawas SMK yaitu Drs Ahmad Soedarto MM, Yusuf Wibisono SPd MM MPd, dan Rusiyanto SPd MPd.

Diikuti 16 SMK Pusat Keunggulan

Kepala SMK Muda Banyuwangi Tamyis Rosidi MPd mengatakan, expo ini diikuti 16 SMK Pusat Keunggulan (PK) Se-Kabupaten Banyuwangi.

“Dari 16 peserta expo ini, ada empat sekolah Muhammadiyah yang ikut berpartisipasi. Antara lain, SMK Muhammadiyah 1 Genteng, SMK Muhammadiyah 2 Genteng, SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi, dan SMK Muhammadiyah 8 Siliragung,” terangnya.

Menurutnya, keempat sekolah Muhammadiyah tersebut merupakan sekolah yang telah berstatus SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) di Banyuwangi.

“Dalam expo ini SMK Muda mengerahkan semua kompetensi keahliannya, yaitu Teknik Elektronika Industri (TEI), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Sepeda Motor (TSM), dan Animasi,” paparnya.

Sementara itu Wakil Humas SMK Muda, Said Budairi ST menjelaskan, untuk menyukseskan expo ini, tim SMK Muda telah hadir di stand pameran dua hari sebelumnya. Mereka menggunakan tiga mobil pickup untuk mengangkut semua peralatan dan menempuh perjalanan selama 30 menit untuk mencapai lokasi pameran.

“Hal ini untuk melakukan persiapan lebih awal, agar saat pelaksanaan dapat berjalan dengan maksimal,” katanya.

Dia mengatakan, SMK Muda menempati stand pameran di urutan nomor 13 dengan menampilkan keunggulan dari masing-masing kompetensi keahlian.

TEI menampilkan robotic, smarthome, dan teknologi PLC. TKR memamerkan skema stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang akan segera dibangun di sekolah. TSM menampilkan konversi sepeda motor listrik dari sepeda motor konvensional. Sedangkan Animasi dengan gambar karakter dua dimensi dan animasi tiga dimensi. (*)

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB