LATEST NEWS

SMK Muda Gandeng Psikologi UM Jember Rencanakan Karier Siswa

SMK Muda gandeng Psikologi Universitas Muhammadiyah (UM) Jember rencanakan karier siswa, Senin (28/8/2023).

Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Genteng Kabupaten Banyuwangi ini bekerja sama dengan Fakultas Psikologi UM Jember dan dilaksanakan di Masjid at-Tanwir SMK Muda.

Koordinator P5 Nandya Danu Kawitana SPd menyampaikan, kegiatan ini mengusung tema kebekerjaan. Sebanyak 434 siswa kelas X mengikuti kegiatan ini.

“Mereka berasal dari empat kompetensi keahlian. Yaitu, Teknik Elektronika Industri, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, dan Animasi” ungkapnya.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, maka Tim Ahli P3LM Fakultas Psikologi Unmuh Jember Januariya Laili SPsi MPsi datang bersama 5 orang fasilitator yang juga merupakan mahasiswanya. Yaitu Immas Putri Purwanti, Nanda Gea Sabrina, Ikbar Ihza Deanova, Putri Nurul Hanifah, dan Jepri Akbar.

Dalam paparannya Januariya Laili menjelaskan kepada siswa pentingnya perencanaan karier. “Menggabungkan bakat alami dengan minat yang kuat dapat membantu mengarahkan individu menuju karier yang baik,” ulasnya.

Tahapan Rencana Karier

Menurutnya, ada lima tahapan yang harus diperhatikan dalam merencanakan karier. Pertama, self assessment. Di antaranya potensi diri, minat, ketrampilan dan kepribadian.

“Kedua, exploration. Menjelajahi berbagai bidang industri dan pekerjaan. Ketiga adalah setting goals. Dalam membuat target perlu spesifik, measureable (terukur), achieveable (bisa dicapai), realistis, dan timely (tepat waktu),” ujar Dosen Psikologi itu.

Keempat, adalah taking action. Dengan pendidikan dan latihan, pengembangan diri dan keterampilan, serta membangun networking. “Kelima adalah evaluasi baik internal maupun eksternal,” paparnya.

Usai pemaparan materi, selanjutnya dia dibantu oleh para fasilitator membagikan worksheet rencana karier kepada siswa yang diberi judul Untuk Aku yang Baru di Masa Depan.

Dalam form itu para siswa diminta untuk menjawab 8 pertanyaan. Antara lain:

  1. Apa cita-cita profesiku?
  2. Apa tugas dari profesi impianku?
  3. Apa kegiatan sehari-hari profesi impianku?
  4. Apa kegiatan favoritku?
  5. Apa yang harus saya lakukan untuk menggapai profesi impian?
  6. Pendidikan apa yang dibutuhkan?
  7. Skill teknologi apa yang dibutuhkan?
  8. Nilai apa yang akan anda kembangkan melalui karier tersebut terhadap orang di sekitarmu?

Kegiatan yang berlangsung hampir selama 3 jam ini diakhiri dengan pengumpulan worksheet oleh para siswa SMK Muda. (*)

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB