LATEST NEWS

Menengok Kegiatan Praktik Desain Grafis Jurusan Animasi SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi

SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi terdapat satu jurusan yang cocok di era digital seperti sekarang ini, yakni Jurusan Animasi. Siswa siswi di sekolah kejuruan ini dibekali pula dengan kegiatan praktik, Sabtu (10/6/2023).

Salah satu kompetensi yang diberikan adalah belajar dasar-dasar desain grafis, dan ke depan Kamu tinggal mengembangkannya sesuai dengan jenis dan bidang pekerjaannmu, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Apa desain Grafis Itu?

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan kepada audien untuk berbagai kepentingan. Bisa dikatakan sebagai proses komunikasi visual dan desain komunikasi.

Beberapa Jenis Desain Grafis, diantaranya:

1. Desain Grafis Visual Identity

Desain Grafis Visual Identity, disebut juga Branding Design. Desain ini berkaitan dengan
sebuah brand. Produk-produk yang masuk ke lingkup ini adalah: logo, warna, dan tipografi.

2. Desain Grafis Periklanan

Adalah desain grafis khusus untuk periklanan. Produk-produknya antara lain: Baliho, banner digital, iklan digital, iklan vehicle wrap (iklan stiker mobil)

3. Desain Grafis Website

Desain grafis website. Seperti namanya, tipe desain grafis ini fokus pada halaman web.

4. Desain Grafis Publikasi

Penting digunakan untuk mendesain buku, majalah, hingga koran? bisa juga untuk berita online. Jenis desain grafis ini menjawab tuntutan publikasi yang kini bergeser ke ranah digital, termasuk publikasi online berupa e–book, laporan digital, dan sebagainya.

5. Desain Grafis Kemasan

Kemasan yang baik menggambarkan bagaimana kualitas produknya karena fungsi packaging bisa menjadi sarana pemasaran. Saat desain packaging unik, orang-orang akan menjadi tertarik.

6. Desain Grafis Apparel

Desain grafis bernama apparel, fokus pada printing di kaos, baju, tas, baju , topi, dan lain-lain.

Tunggu apalagi, mari kita sambut era informasi, publikasi, dan kreasi era digital dengan mengawali langkah Kamu bersama Jurusan Animasi SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi. (*)

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB