LATEST NEWS

SMK Muda Genteng Implementasikan SAS

SMK Muhammadiyah 2 (SMK Muda) Genteng Banyuwangi Jawa Timur mengimplementasikan program Sekolah Asuh Sekolah (SAS), Senin (5/6/2023).

SAS merupakan program SMK Muda kepada SMA Muhammadiyah 3 (Smamti) Genteng. Bentuk dari program ini adalah praktik mengemudi.

Untuk menyukseskan program ini, SMK Muda menugaskan 3 orang instruktur, yaitu Moh Wahid SPd, Muhammad Adi Purwasono SPd, dan Ahmad Khoirudin SPd. Sedangkan dari Smamti sebagai guru pembimbing Iga Maulana Farkhan.

Instruktur Ahmad Khoirudin menjelaskan, rute yang digunakan dalam praktik mengemudi ini mulai dari halaman depan sampai ke halaman belakang SMK Muda. Pelaksanaannya selama 4 hari. Dimulai setelah jam pembelajaran berakhir, hingga sore hari pukul 16.00 WIB.

“Tahap awal peserta didik yang mengikuti program ini mendapatkan briefing terlebih dulu dari instruktur. Mereka diperkenalkan dengan mobil yang akan dipakai praktik. Hal-hal yang terkait dengan kemudi. Antara lain, stang kemudi, kopling, gas dan rem.”

Selanjutnya semua siswa diajak masuk ke dalam mobil. Instruktur langsung memperlihatkan dan mempraktikkan cara mengemudi yang benar. Setelah itu siswa secara bergiliran melakukan praktik mengemudi dengan didampingi instruktur.

Pengalaman Mengemudi

Ahmad Khoirudin mengaku senang berbagi pengalaman mengemudi bersama siswa Smamti. “Setidaknya ada tiga hal yang menantang saat mendampingi mereka praktik,” kesannya.

Dia menceritakan, awalnya pertama siswa awalnya kurang aktif dalam berkomunikasi. Mungkin karena mereka baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. Namun beberapa saat kemudian siswa mampu menyerap dan mematuhi arahan dari instruktur.

“Hal kedua, jadwal latihan yang terbatas, sehingga harus ekstra keras dalam membimbing siswa.”

Tantangan yang ketiga, instruktur harus memastikan siswa tersebut mampu praktik dan memahami dasar-dasar mengemudi. “Hal ini sangat penting untuk praktik berikutnya, terutama ketika mereka praktik tanpa instruksi dari instruktur,” ujarnya.

Ini data siswa Smamti yang mengikuti program SAS:

  1. Mohamad Farhan kelas XII MIPA
  2. Andi Setyawan kelas XII MIPA
  3. Hadit Nur Azhari kelas XII IPS
  4. M. Khoirul Ihwan kelas XII IPS
  5. Louicca Bintan Andira XII IPS

Kepala Smamti Citra Kumalasari MPd mengatakan, melalui SAS ini kami ingin membekali Smamti dengan skill mengemudi.

“Semoga ini menjadi bekal mereka dalam meraih masa depan. Dan kami mengucapkan terima kasih kepada SMK Muda yang telah berkenan memfasilitasi dalam program ini,” tuturnya. (*)

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB