LATEST NEWS

Program Vokasi BCA CMA, SMK Muhammadiyah 2 Genteng Buka Pendaftaran Peserta Batch 39

Kunjungan Bpk. Timmy Theopelus, Expert on Education & IT Vocational Program BCA CMA di Teaching Factory BCA Cash Management Academy (BCA CMA) SMK Muh 2 Genteng

Banyuwangi – Kebutuhan pasar kerja mengisyaratkan relevansi penyelenggaraan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi, maka ini mendorong pengembangan keunggulan yang spesifik harus dilakukan oleh masing-masing lembaga pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi, dalam hal ini khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Berdasar pada dua peraturan tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan
PT Electonic Science Indonesia (ESI) meluncurkan Program BCA Cash
Management Academy (CMA), Sabtu (20/5/2023).

“Menangkap peluang tersebut, sebagai SMK yang pertama kali di Kabupaten Banyuwangi, sejak tahun 2019 SMK Muhammadiyah 2 Genteng telah mengambil program tersebut sebagai salah satu program pengembangan keunggulan sekolah,” kata Tamyis Rosidi selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Genteng.

 

 

Dan pada tahun 2022 mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebagai SMK Rujukan Kelas Industri BCA Cash Management Academy yang bertujuan memfasilitasi SMK dalam menghasilkan lulusan siap kerja, khususnya di perusahaan pengelolaan kas dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dalam program ini, SMK Muhammadiyah 2 Genteng selanjutnya mendapatkan fasilitas mesin penunjang, seperti mesin ATM, Cash Recycling Machine (CRM), mesin sortir uang, mesin hitung uang, dan penunjang praktik lainnya, kemudian ditempatkan pada kelas atau ruangan khusus yang didesain serupa dengan kondisi operasional di perusahaan pengelolaan kas dan ATM.

 

Menurut Arditya Sanjaya Putra selaku PIC BCA Cash Management Academy (BCA CMA) SMK Muhammadiyah 2 Genteng, mengatakan bahwa “Pada Batch 39 ini, sampai pada tanggal 1 Juli 2023 dibuka pendaftaran bagi seluruh siswa dan para alumni tanpa memandang Kompetensi Keahliannya (TKR, TSM, TEI, dan Animasi), untuk dimagangkan pada perusahaan partner Grup BCA di seluruh Indonesia selama 6 bulan dengan fasilitas gaji sebesar 70% dari Upah Minimum Regional (UMR) setempat,” jelasnya.


Setelah magang, Arditya menyebut, peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari PT Electonic Science Indonesia (ESI). Apabila peserta magang masih berstatus siswa, maka akan kembali melanjutkan pendidikan di sekolah hingga lulus.


“Apabila peserta magang berstatus alumni, akan berkesempatan direkrut sebagai tenaga kerja/karyawan di perusahaan yang menjadi tempat mereka magang,” imbuhnya.


Selamat bergabung, dan raih kesuksesan bersama SMK Muhammadiyah 2 Genteng! (*)

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB