LATEST NEWS

Ujian Presentasi PKL 2022-2023

Ujian presentasi PKL bertempat di ruang kelas SMK Muda Genteng, sebutan sekolah Jl. Hasanudin No.103, Dusun Cangaan, Genteng Wetan ini.

Sebanyak 384 siswa kelas XI yang mengikuti ujian. Mereka berasal dari tiga Kompetensi Keahlian. Yaitu, Teknik Elektronika Industri (TEI), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO).

Siswa telah melakukan PKL selama lima bulan. Mulai dari 19 Desember 2022 sampai dengan 14 April 2023. Tujuannya untuk menjembatani keilmuan teoritis dan terapan. Khususnya bagi siswa  SMK, PKL diharapkan dapat mengenalkan dunia kerja dan dunia industri kepada mereka berdasarkan teori yang sudah diperoleh di dalam kelas.

Wakasek Humas, Said Budairi ST, menyampaikan ujian ini dibagi menjadi sebelas ruang kelas. “Masing-masing ruang diisi 10 siswa. Dengan dua orang penguji. Penguji pertama berasal dari guru Produktif dan penguji kedua dari guru Adaptif-normatif,” ujar Said Budairi.

Pelaksanaan ujian berlangsung selama tiga hari. Dimulai pukul 13.00-15.00 WIB. Durasi presentasi 15 menit per siswa  Sebelum ujian dilakukan briefing terlebih dulu serta penyampaian tata tertib peserta ujian yang terdiri dari:

1. Peserta didik memakai seragam PKL.

2. Mengumpulkan Buku Laporan PKL.

3. Mengumpulkan bahan presentasi.

4. Mengumpulkan nilai PKL dari bengkel

5. Berambut pendek dan rapi.

6. Menunjukkan kartu peserta.

7. Masuk 15 menit sebelum ujian

Sedangkan instrumen penilaian presentasi sebagai berikut:

1. Etika dan tata krama

2. Penguasaan materi

3. Komunikasi dan interaksi

4. Portofolio (buku laporan dan media)

Dengan skor penilaiannya adalah 85-100 (Sangat baik), 70-84 (Baik), 50-69 (Cukup), dan kurang dari 49 (Kurang).

Nilai Ujian Presentasi ini masuk ke dalam nilai Sertifikat Praktik Kerja Lapangan yang ditandatangani oleh Penguji/Sekolah Pihak Bengkel dan Kepala Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Banyuwangi.

Penulis Taufiqur Rohman

4.4/5

Yuk gabung di SMK MUDA

Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Informasi PPDB