PROFIL SEKOLAH

Previous
Next

Drs. Moh. Saumi, M.Si

Sambutan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Genteng

       Puji syukur kehadirat Allah subhanahu wataala atas segala karunia, rahmat, hidayah, dan inayahNya yang selalu tercurahkan kepada kita semua, mudah-mudahan dengan bersyukur kepada Allah SWT akan selalu  mendapatkan tambahan   karuniaNya, sehingga sekolah kita akan selalu menjadi lebih baik dan SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi akan menjadi rumah kedua bagi siswa yang selalu diidamkan untuk menggali bakat, memupuk kemampuan dan jembatan meraih cita-cita masa depan, mampu memenuhi harapan semua pihak dalam rangka mengembangkan dakwah amar makruf dan nahi mungkar sehingga menjadi kader bangsa yang berkemajuan.

        

Terwujudnya Sekolah yang Islami dan Berprestasi

  • Melaksanakan pendidikan berdasarkan iman, Islam, dan ihsan

  • Membentuk karakter pribadi siswa melalui ibadah

  • Melaksanakan pembelajaran secara efektif

  • Mengembangkan iklim belajar yang disiplin dan berkemajuan

  • Menyelenggarakan pendidikan unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

  • Menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidangnya

  • Menerapkan manajemen berbasis sekolah

  • Mewujudkan layanan prima dalam upaya mengembangkan sekolah yang unggul.

 

Sekolah Binaan Industri

 

SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi senantiasa berkomitmen untuk berkonstribusi dalam kemajuan pendidikan Indonesia dan di Kabupaten Banyuwangi khususnya. Sederet perusahaan besar berskala Internasional telah dirangkul untuk berkolaborasi demi terciptanya lulusan yang semakin berkualitas, sehingga dapat diserap langsung oleh industri karena kurikulum pembelajaran memiliki link and match dengan kebutuhan industri, didukung denga fasilitas peralatan dan ruang praktik yang menyesuaikan kondisi sebenarnya di perusahaan/dunia industri, dalam istilah baru disebut dengan “Pernikahan SMK dengan Industri”
 
  1. Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda
Program Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi telah menjalin kerjasama dengan PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia dalam program khusus kelas Honda dengan nama Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda yang pertama kali di Karesidenan Besuki. Bekerjasama dengan 27 jaringan main dealer di 34 provinsi di Indonesia.  Didukung dengan kurikulum, tenaga pengajar, dan teaching factory berstandar Honda. Kurikulum Teknik dan Bisinis Sepeda Mootor  Kelas Honda ini diimplementasikan tidak hanya melalui pembelajaran dan praktik di sekolah saja, akan tetapi setiap tahunnya dilakukan supervisi dan kontestasi keterampilan teknik siswa.
  1. Axioo Class Program (ACP)
Program Keahlian Teknik Elektronika Industri (TEI) SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi telah menjalin kerjasama dengan PT Axioo Internasional Indonesia dalam program khusus kelas Axioo dengan nama Axioo Class Program (ACP) didukung dengan Axioo Smart Classroom, laptop Axioo ansembling dan troubleshooting serta  teaching factory berstandar Axioo.
  1. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)
SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi telah menjalin kerjasama dengan lembaga independen pemerintah yang menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja yang merupakan lulusan SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi berstandar nasional dan diakui secara internasional.
  1. Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Otomotif Indonesia  (LSP-TO Indonesia R2 & R4)
Program Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi telah menjalin kerjasama dengan LSP-TO Indonesia sebagai lembaga pengakuan formal dan lisensi sertifikasi profesi tenaga kerja lulusan SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi dan masyrakat umum yang ingin mendapatkan lisensi profesi dan kompetensi teknisi sepeda motor/roda dua (R2) dan mobil/kendaraan ringan/roda empat (R4).
  1. Sekolah Binaan Safety Riding
SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi telah menjalin kerjasama dengan PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia, sebagai sekolah binaan Safety Riding, pelopor dalam keselamatan berkendara dan berlalu lintas.  Program ini diharapkan memberikan pengaruh yang positif terhadap siswa agar peduli terhadap keselamatan berkendara. Program memberikan edukasi Safety Riding kepada siswa agar memiliki perspektif baru tentang keselamatan berkendara dan menyadari bahwa menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara tidak hanya demi keselamatan, tetapi bisa menjadi bagian dari gaya hidup, membuat terlihat lebih menarik, keren dan stylish.
  1. Samsung Tech Institute (STI)
Program Keahlian Teknik Eletronika Industri (TEI) SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi telah menjalin kerjasama dengan PT Samsung Elektronik Internasional Indonesia sebagai produsen ternama alat elektonik rumah tangga dan komunikasi bermerk Samsung, didukung dengan Samsung Smart Classroom, Handphone dan Tablet  ansembling dan troubleshooting serta teaching factory berstandar Samsung. Samsung Tech Institute merupakan program yang memberikan pelatihan dasar elektronika yang bertujuan memperkaya kurikulum di SMK dan menciptakan lulusan yang semakin berkualitas.
  1. Pintar Bersama Daihatsu (PBD)
SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi telah menjalin kerjasama dan sudah terakreditasi dalam Program Pintar Bersama Daihatsu (PBD) dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Indonesia sebagai salah satu produsen mobil ternama di duni yang memadukan kurikulum dan budaya kerja di lingkungan industri PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Indonesia.

Program Pintar Bersama Daihatsu (PBD) membekali siswa dengan hard skill dan soft skill. Pada area hard skill siswa dilatih dengan kemampuan teknis terkait fungsi dan teknologi kendaraan dengan kurikulum yang telah disinkonisasi dengan kebutuhan industri, dan pengenalan berbagai fasilitas bengkel Daihatsu.

Pada area soft skill, siswa diperkenalkan dengan budaya kerja di dunia industri yang diadaptasi dari Jepang, yaitu 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) yang artinya (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin)

  1. SMK Kawasan Industri
SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi merupakan satu-satunya SMK di Kabupaten Banyuwangi yang terjalin kerjasama sebagai SMK yang terhubung dengan kawasan industri, sehingga peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi berpeluang untuk magang dan para lulusan berkesempatan menjadi tenaga kerja di salah satu perusahaan pada kawasan industri tersebut di seluruh Indonesia.
  1. SMK Technopark 2018
Sebagai upaya untuk mengembangkan, meningkatkan dan memasarkan produk Teaching Factory/Unit Produksi SMK dan lulusannya dengan menyesuaikan kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI), Direktorat Pembinaan SMK (PSMK) pada tahun anggaran 2018 mengembangkan Technopark SMK yang akan diterapkan pada 123 SMK di seluruh Indonesia, hanya 9 SMK di Jawa Timur dan menetapkan SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi sebagai salah satu SMK tersebut sebagai SMK Technopark 2018, dengan fungsi sebagai berikut:
  1. Pusat (focal point) beberapa TeFa/Unit Produksi SMK di wilayahnya dalam meningkatkan kemitraan secara vertikal dengan pemprov/pemda/pemkot dan horizontal dengan DU/DI serta masyarakat terkait dengan produk TeFa/Unit Produksi SMK;
  2. Sebagai “Think-Tank” pengembangan, inovasi dan pemasaran produk TeFa/Unit Produksi SMK sesuai dengan kebutuhan DU/DI dan khususnya potensi lokal;
  3. Pusat informasi SDM/Lulusan SMK dan produk TeFa/Unit Produksi SMK;
  4. Penyedia pelatihan kewirausahaan bagi siswa SMK dan masyarakat pada umumnya;
  5. Sebagai “One Stop Solution” untuk kebutuhan industri akan SDM maupun inovasi dalam bidang produk dan jasa.
  6. Sebagai “etalase” unjuk kemampuan SMK yang dibuktikan dengan hasil produk dan jasa sebagai muara dari riset di sekolah yang berkesinambungan dengan wadah start up/perusahaan pemula sebagai pelaksana produksi.
  7. Memfasilitasi inkubator bisnis “entrepreneurship” bekerja sama dengan instansi lain (SMK, masyarakat, perguruan tinggi, industri, pemerintah) untuk mengembangkan potensi yang sesuai dengan kebutuhan daerah dan sekitarnya.
  1. SMK Job Matching 2018
Job Matching merupakan program dari Direktorat Pembinaan SMK (PSMK) untuk penyaluran tamatan. Program Job Matching ini di tahun 2018 hanya diterima oleh 45 SMK di seluruh Indonesia, dan di Provinsi Jawa Timur Program Job Matching ini hanya didapatkan oleh 5 SMK , salah satunya SMK Muhammadiyah 2 Genteng.

Selanjutnya SMK Muhammadiyah 2 Genteng melalui program Job Matching ini ditunjuk sebagai koordinator dari semua SMK se Kab. Banyuwangi khususnya sebagai sekolah aliansi dalam upaya penyaluran tamatan SMK, sehingga para lulusan SMK tidak perlu lagi membuat banyak surat lamaran pekerjaan, tetapi cukup dengan mengisi data di akun Top Karier, sehingga dapat dilihat oleh 25.000 perusahaan se-Indonesia.

  1. Prgram BCA Cash Management Academy
Merupakan program teaching factory pertama yang berbasis pada industri    perbankan, dengan kondisi yang dibuat serupa dengan operasional pengelola kas dan ATM. Dilengkapi dengan mesin ATM, Cash Recycling Machine (CRM) dan mesin sorting uang.

Program BCA Cash Management Academy merupakan program yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan PT E-Science Indonesia/ESI (Electronic Banking Service Center BCA)

Kurikulum BCA Cash Management Academy berjangka waktu tiga bulan untuk belajar dan praktik di kelas dan enam bulan magang di perusahaan pengelola kas dan ATM mitra BCA, sehingga siswa dapat merasakan kondisi kerja yang sesungguhnya terkait dengan pengelolaan uang tunai dan ATM.

Para siswa juga mendapatkan pengetahuan terkait financial planning dan materi kebangsaan yang akan berguna bagi kehidupan siswa di masa mendatang.

PPDB